Kamis, 18 Juni 2020

4 Aturan Pengunaan Masker Pada Anak

4 Aturan Pengunaan Masker Pada Anak

Debu dan polusi bisa dijumpai di kota-kota besar. Antrian kendaraan yang padat dan juga aktivitas masyarakat yang padat membuat kualitas udara menjadi buruk. Oleh karena itu, penggunaan masker kain sangat dianjurkan jika Anda ingin bepergian ke luar. Selain itu, penggunaan masker berbahan kain juga bisa melindungi Anda dari virus yang bertebaran.

Masker berbahan kain tidak hanya digunakan orang dewasa. Anak-anak juga bisa menggunakan masker pelindung saat akan pergi ke luar rumah atau berinteraksi dengan orang lain. Namun, penggunaan masker untuk anak-anak harus diperhatikan. Jangan sampai mereka menggunakan masker dalam jangka waktu yang lama.

Bahkan anak di bawah umur 2 tahun tidak diperbolehkan menggunakan masker dalam jangka waktu yang lama, bahkan tidak sama sekali. Ini dikarenakan saluran napasnya masih kecil, sehingga mereka akan kesulitan bernapas. Oleh karena itu, bijaklah dalam penggunaan masker agar tidak membahayakan anak.
Masker pada anak

Bagi anak di atas 3 tahun, penggunaan masker berbahan kain diperbolehkan, asalkan mengikuti aturan seperti di bawah ini.

1. Tidak Menggunakan Masker Saat di Rumah

Masker digunakan pada saat kondisi udara tidak baik atau saat Anda flu. Ini juga berlaku pada anak-anak di mana mereka tidak bisa sembarangan menggunakan masker. Gunakan jika akan bepergian atau saat kondisi sedang sakit. Anak tidak perlu menggunakan masker saat berada di rumah. Kecuali, jika Anda sedang melakukan renovasi rumah.

2. Tidak Digunakan untuk Anak Usia 2 Tahun 

Penggunaan masker sebaiknya digunakan jika anak berusia 3 tahun ke atas. Lembaga kesehatan masyarakat tidak menganjurkan pemakaian masker untuk anak usia 2 tahun karena beberapa alasan. Pertama, saluran pernapasannya yang kecil bisa mengganggu pernapasannya. Kedua, anak bisa mati lemas karena tidak bisa melepaskan masker sendiri, apalagi saat usia 1 tahun kebawah.

3. Menggunakan Masker Saat di Tempat Ramai

Penggunaan masker kain pada anak sebaiknya digunakan saat di tempat ramai. Ada puluhan bahkan ratusan orang yang lalu lalang, sehingga perlindungan sangat dibutuhkan. Gunakan masker saat pergi ke mall, rumah sakit, taman bermain, tempat wisata, dan masih banyak lagi. Pastikan Anda selalu mengawasi si kecil, ya!

4. Menggunakan Jenis Masker Sesuai Kondisi Anak

Jika anak dalam keadaan sehat, gunakan masker berbahan kain yang lembut dan nyaman dipakai. Sedangkan dalam kondisi sakit, gunakan masker medis yang bisa Anda beli di apotik terdekat. Penggunaan jenis masker yang tepat bisa mencegah penyakit menular dan tidak membahayakan anak.

Itulah empat aturan penggunaan masker untuk anak. Menggunakan masker memang penting saat kondisi udara sedang tidak baik. Oleh karena itu, Anda juga bisa menggunakan masker kain kekinian seperti masker fullprint custom. Anda bisa memilih berbagai jenis masker kain yang kekinian dengan bahan berkualitas. Harganya pas di dompet, sehingga Anda bisa membelinya kapan saja. So, beli sekarang juga!

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar