Minggu, 27 September 2020

Oleh-Oleh Khas Semarang Yang menjadi Incaran Wajib Wisatawan

Berlibur ke kota Semarang bisa jadi pengalaman yang menyenangkan. Berkeliling kota, mengunjungi destinasi wisata populer, wisata kuliner, dan hal mengasyikan lainnya. Tapi, jangan sampai lupakan sanak saudara anda di rumah. Bawakan pulang sedikit bagian dari kota Semarang dengan oleh-oleh khas Semarang untuk mereka. Biarkan mereka sedikit merasakan rasa dan suasana dari kota Semarang melalui buah tangan anda. Jika anda bingung memilih mana yang cocok untuk anda bawa pulang, simak daftar oleh-oleh khas Semarang berikut.

Lumpia Semarang

Sumber: https://mancode.id/
 
Kota Semarang juga dikenal dengan kota lumpia. Tak heran jika lumpia Semarang menjadi oleh-oleh wajib bagi wisatawan. Dengan teksturnya kulit lumpia yang renyah dan rasanya yang manis gurih, membuat semua orang ingin memborong pulang lumpia Semarang. Anda dapat memberikan sedikit rasa dari Kota Semarang dengan Lumpia Semarang ini kepada keluarga anda di rumah. Lumpia Semarang dapat ditemukan di berbagai penjuru kota Semarang. Salah satu tempat terbaik untuk anda membeli lumpia Semarang adalah sekitar area Gang Lombok.

Roti Ganjel Rel

Saat mendengar nama kue ini mungkin akan membuat anda sedikit merasa janggal. Bisa dikatakan unik namanya. Tetapi roti ganjel rel menjadi sebuah kue kudapan yang cukup lezat. Cocok menjadi sebuah tangan yang unik untuk keluarga anda di rumah. Pada dasarnya, kue ini seperti kue pada umumnya. Hanya saja teksturnya yang keras dan warnanya yang kecoklatan membuat kue ini mirip dengan kayu yang ada di rel kereta. Terciptalah nama yang unik. Roti ganjel rel biasanya dapat ditemukan menjelang bulan Ramadhan. Tapi tak perlu khawatir karena di Jalan Pandanaran ada toko yang menjualnya sepanjang tahun untuk anda yang sedang berkunjung saat tidak mendekati bulan Ramadhan.

Wingko Babat

Sumber : https://kumparan.com/
 
Kue tradisional ini bukan berasal dari Semarang, melainkan dari Jawa Timur. Tetapi, wingko babat mendapatkan popularitas tinggi di kota Semarang, sehingga menjadikannya sebagai sesuatu yang khas di kota ini. Tekstur yang berserat, empuk dan manis legit membuatnya cocok untuk sebuah kudapan ringan yang mengenyangkan. Dengan sifatnya yang manis, wingko babat dapat bertahan cukup lama dan bisa anda bawa pulang untuk keluarga anda cicipi. Salah satu merek terbaik dari wingko babat Semarang adalah cap kereta api yang ada di Jalan Cendrawasih 14.

Bandeng Presto

Bandeng Presto juga dapat menjadi sebuah pilihan oleh-oleh berupa lauk untuk anda bawakan kepada keluarga. Perpaduan ikan bandeng dengan berbagai rempah akan dipastikan menjadikan Bandeng Presto sebagai oleh-oleh yang sangat lezat. Ditambah lagi dengan dimasak secara presto, ikan bandeng akan memiliki tulang lunak yang akan membuat pengalaman makan ikan bebas duri dan tulang. Asyik bukan? Bandeng presto juga dapat bertahan lama, jadi anda tak perlu khawatir ikan ini basi dalam perjalanan pulang. Salah satu merek bandeng presto yang populer di Semarang adalah Bandeng Presto Juwana di daerah jalan Pandanaran 57.

Batik Semarangan

Sumber : https://phinemo.com/
 
Selain makanan, Semarang juga memiliki oleh-oleh berupa tekstil tradisional Batik. Tentunya batik Semarangan memiliki kekhasannya sendiri. Corak batiknya terinspirasi dari beberapa landmark yang ada di Semarang, seperti Lawang Sewu, Tugu Muda, Gereja Blenduk, dan lainnya. Keindahannya batik Semarangan sangat tepat menjadi buah tangan yang berkesan bagi sanak saudara anda. Jika anda ingin mencari batik Semarangan, coba untuk mengunjungi Kampoeng Batik di Jalan Batik. Disana merupakan pusat produksi batik Semarangan yang cukup populer di kalangan masyarakat maupun wisatawan.

 
Apakah sudah bisa menentukan oleh-oleh khas Semarang mana yang akan bawakan untuk keluarga di rumah? Mungkin jika anda masih ingin mengetahui lebih lanjut mengenai oleh-oleh khas Semarang dan kota Semarang itu sendiri, anda bisa mengunjungi Wonderful Indonesia.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar