Ticker

6/recent/ticker-posts

4 Fungsi Oli Samping pada Motor

autochem.id

Jika kamu ingin mendapatkan pilihan oli samping terbaik, kamu bisa mencoba produk dari idemitsu. Ini penting karena oli samping merupakan kebutuhan bagi pemilik motor 2 tak yang akan membantu menjaga performa dan kualitas mesin di dalamnya. Oli samping meskipun tidak dijumpai pada motor 4 tak, namun fungsi oli jenis ini sangat beragam. Apa saja? Berikut informasinya. 

Pengertian Oli Samping

Sebelum membahas fungsi dari oli samping pada motor 2 tak, ada baiknya mengenal dulu apa itu oli samping. Oli samping merupakan oli atau pelumas yang berfungsi melumasi bagian dalam mesin agar tidak mudah panas dan komponen di dalamnya tidak mudah aus. Istilah “oli samping” digunakan karena tabung tempat oli jenis ini ada di bagian samping motor 2 tak. 

Fungsi Oli Samping pada Motor

Tanpa oli samping, motor 2 tak tidak akan bisa bekerja dengan sempurna sehingga sama pentingnya dengan oli mesin. Selain itu, oli samping ternyata memiliki fungsi khas yang berbeda dengan oli mesin. Berikut detail fungsi-fungsi tersebut: 

1. Berfungsi sebagai Pelumas 

Fungsi yang pertama sekaligus yang utama dari oli samping pada motor 2 tak adalah sebagai pelumas. Berbeda dengan oli mesin, oli samping menjadi pelumas bagi beberapa komponen saja dalam mesin 2 tak. Misalnya pada silinder, piston, dan bearing pin piston. Lewat fungsi ini, oli samping melindungi komponen tersebut agar tidak cepat aus. 

2. Bisa Meningkatkan Performa Mesin 

Mesin motor 2 tak biasanya memiliki performa tinggi, sehingga kebanyakan jenisnya digunakan untuk kegiatan balapan. Hal ini menjadi nilai tambah motor 2 tak dibanding motor 4 tak. Performa yang lebih baik ternyata karena pengaruh oli samping yang melumasi komponen tertentu pada mesin. Sehingga performanya beberapa kali lebih baik dibanding motor 4 tak. 

3. Merawat Komponen Tertentu pada Mesin 

Sebagai oli dengan fungsi pelumas, sudah tentu oli samping juga berfungsi sebagai oli yang merawat komponen tertentu pada mesin motor 2 tak. Khususnya pada komponen-komponen yang dilumasi oleh oli samping seperti penjelasan di poin pertama tadi. Penambahan oli samping membuat masa pakai komponen bisa lebih lama karena terlindungi dengan baik. 

4. Berfungsi sebagai Pengharum 

Fungsi yang terakhir dari oli samping adalah sebagai “pengharum”. Jika mencium bau asap knalpot motor 2 tak dijamin tidak akan mencium bau tidak sedap. Justru sebaliknya, yakni tercium aroma yang lebih harum. 

Rupanya hal ini dapat terjadi karena oli samping bisa membuat asap knalpot lebih harum berkat kandungan bahan khusus di dalamnya. Kandungan bahan ini juga yang membuat asap dari motor 2 tak tidak berlebihan. 

Oli samping untuk mesin motor 2 tak merupakan jenis oli yang punya fungsi sangat vital. Tidak heran jika ada kewajiban untuk menggantikan secara berkala seperti ganti oli mesin. Pastikan diganti rutin, dan ketahui kapan waktu terbaik untuk melakukannya karena jika sampai terlambat fungsi-fungsi di atas bisa terganggu. 

Posting Komentar

0 Komentar